Kelola Daur Ulang Kertas Bekas

Kelola Daur Ulang Kertas Bekas

Kelola Daur Ulang Kertas Bekas


Kertas daur ulang merupakan proses pengolahan kembali kertas bekas yang telah di gunakan dengan cara mencampurkan kertas-kertas bekas yang telah di jadikan pulp dengan material kertas yang baru. Akan tetapi kertas yang  terus menerus di daur ulang akan selalu mengalami penurunan kualitas. Hal tersebut menjadikan kertas yang telah di daur ulang menjadi bahan yang kualitasnya lebih rendah dari sebelumnya.

Kertas Lokal yang sering di temui

Kraft Paper

Kertas kraft, arti harfiahnya yaitu kertas kuat, yang mempunyai 4 kegunaan utama yaitu :
1. Kertas bungkus (wrapping) seperti untuk bungkus kertas plano, kertas bungkus nasi dll.
2. Kantong (bag/sack) – seperti kantong belanja atau “shopping bag”,
3. Karung (shipping sack) – seperti karung atau kantong semen, dan
4. Berbagai fungsi “converting”.

Gramatur berkisar antara 50 gr/m2 dan 134 gr/m2. Pulp kertas yang di gunakan dapat melalui proses pemutihan atau bleaching ataupun tidak. Apabila tidak di putihkan maka berwarna coklat. Umumnya di sebut sebagai kertas samson.

Coated Groundwood

Kertas jenis ini paling tidak mempunyai 10% pulp mekanis (umumnya 50-55% groundwood) dengan sisanya menggunakan pulp kimia. Umumnya kertas ini berwarna kekuningan karena banyak pulp mekanis dan mempunyai gramatur dari 45 g/m2 to 130 g/m2. Kertas ini biasanya di temukan pada kegunaan kertas dengan mesin cetak letterpress dan offset, seperti LWC (light weight coated – kertas yang mempunyai lapisan coating rendah sekitar 7-10 gr/m2 dan kertas coated untuk majalah.

Coated Woodfree

Jenis kertas ini mengandung kurang 10% pulp mekanis, namun mempunyai lapisan coating pigmen baik dua sisi atau satu sisi. Di pasar lokal Anda sering mendengar Art Paper dan Art Board yang mempunyai lapisan coating dua sisi yang dapat berkisar antara 20 gr/m2 dan 35 gr/m2. Kertas C1S Label masuk dalam kategori ini dimana hanya mempunyai lapisan coating di satu sisi. Gramatur kertas berkisar antara 70 gr/m2 dan 300 dr/m2. Art Paper umumnya mulai dari 70 gr/m2 samapai dengan 150 gr/m2, sementara Art Board mulai dari 170 gr/m2 sampai dengan 300 gr/m2. Kegunaan paling umum yaitu untuk majalah, buku, cetak commercial dengan mutu yang tinggi dan mahal karena brightness yang relatif tinggi di bandingkan dengan kertas uncoated groundwood.

Kelola Daur Ulang Kertas Bekas


Kelola Daur Ulang Kertas Bekas

PT. POLA PULPINDO MANTAP

Perusahaan yang bergerak di industri pengelolaan daur ulang kertas.

Memproduksi kertas industri sesuai dengan spesifikasi.

Melakukan pengembangan yang berkelanjutan.

Berwawasan lingkungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.