Pengelolaan Kertas Bekas Lampung

Pengelolaan Kertas Bekas Lampung

Pengelolaan Kertas Bekas Lampung


Daur ulang kertas merupakan proses untuk menjadikan suatu bahan bekas (kertas) menjadi bahan baru. Dengan tujuan mencegah adanya yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, selain itu juga emisi gas rumah kaca jika di bandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Untuk daur ulang yaitu salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian, selain itu juga pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).

Manfaat Dari Pengelolaan Kertas Bekas

Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam

Daur ulang kertas secara tidak langsung mengurangi penggunaan hutan dan pepohonan sebagai bahan baku utama. Setiap ton kertas daur ulang yang di hasilkan akan menjauhkan penebangan sekitar tujuh belas pohon. Produksi kertas daur ulang hemat energi dan biaya serta ramah lingkungan. Dalam setiap proses daur ulang kertas mengalami penyusutan serat, menjadi lebih pendek dan rapuh. Walaupun kertas hanya dapat di daur ulang sebanyak lima sampai tujuh kali, pada saat akhir siklus produksi, kertas daur ulang masih dapat di bakar sebagai sumber energi atau di jadikan kompos. Manfaat tersebut masih menjadikan kertas daur ulang bernilai tinggi.

Mengurangi Greenhouse Effect (Efek Gas Rumah Kaca)

Banyak bahan kimia yang berbahaya seperti metana dan karbon dioksida yang di lepaskan ke udara dari tumpukan sampah. Gas-gas yang di sebut gas rumah kaca tersebut naik ke atmosfer dan mempengaruhi iklim global. Namun pohon-pohon yang seharusnya menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen untuk kepentingan kita justru di tebang dengan jumlah besar. Mengurangi efek rumah kaca sebesar satu metrik ton karbon dapat di lakukan dengan mendaur ulang satu ton kertas. Oleh karena itu dengan mengurangi efek rumah kaca berarti mencegah pemanasan global dan menciptakan masa depan keluarga yang lebih baik.

Mengurangi Penggunaan Air dan Energi

Mengurangi efek gas rumah kaca sebanyak ekuivalen satu metrik ton karbon (metric tonne carbon equivalent – MCE) berarti sudah mendaur ulang satu ton kertas. Oleh karena itu hal tersebut sudah menghemat tujuh belas pohon, tiga ratus delapan puluh galon minyak bumi, tujuh ribu galon air, 3,3 meter kubik ruang pembuangan sampah (TPA) dan empat ribu kilowatt energi. Daur ulang kertas membutuhkan lebih sedikit air dan energi di bandingkan dengan membuat produk dari bubur kertas baru.

Pengelolaan Kertas Bekas Lampung


Pengelolaan Kertas Bekas Lampung

PT. POLA PULPINDO MANTAP

Perusahaan yang bergerak di industri pengelolaan daur ulang kertas.

Memproduksi kertas industri sesuai dengan spesifikasi.

Melakukan pengembangan yang berkelanjutan.

Berwawasan lingkungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.